Cara Melukis Buah Kiwi dengan Cat Air

Diperbarui: 26 Apr

Irisan buah kiwi ini sepertinya rumit sekali, tapi ternyata nggak sulit kok melukisnya dengan cat air agar terlihat realistik. Aku menggabungkan teknik wet on wet dan wet on dry untuk mendapatkan efek yang berbeda. Saat membuat efek warna yang samar seperti membuat garis-garis di irisan buah kiwi, aku basahi dulu kertasnya baru aku pulaskan cat. Sedangkan saat membuat garis warna yang tegas, seperti saat membuat biji, aku langsung memulaskan cat pada kertas yang kering.


Lukisan cat air irisan buah kiwi

Untuk membuat lukisan kiwi ini yang aku pakai adalah :

  • Kertas cat air atau watercolor paper ukuran A4.

  • Kuas bulat, aku pakai beberapa ukuran tapi kalian bisa pakai dengan hanya no 2 dan 6.

  • Cat air warna lemon yellow, sap green, hooker's green, burnt sienna, payne's gray. Kalau nggak punya hooker's green, kalian bisa pakai warna biru untuk bikin warna hijau tua.

Sebelum mulai, sekeliling gambar sketsa aku tempel dulu dengan selotip kertas, sehingga saat selesai bisa terbentuk garis yang rapi. Kalian bisa download gratis gambar sketsanya disini. Setelah download dan print di kertas hvs, kalian bisa menjiplak ke kertas cat air menggunakan kertas karbon. Jangan lupa untuk nggak terlalu menekan pensilnya biar nggak terlalu gelap garis karbonnya. Karena cat air transparan, garis sketsa yang terlalu hitam akan terlihat jelas di bawah cat.



Dengan kuas no 6 pertama-tama aku warnai semua bagian daging buah kiwi dengan warna lemon yellow yang sangat cair. Lalu aku biarkan hingga kering.



Setelah kering, aku basahi bagian kuning tadi (kecuali bagian tengah kiwi) lalu aku taruh warna sap green yang cair dengan cara ditotol-totol. Aku warnainnya per bagian biar kertas nggak keburu kering. Hasil yang diharapkan adalah warna hijau yang nggak rata, ada yang transparan dan ada yang lebih gelap seperti foto di bawah ini.



Setelah itu aku basahi lagi tepi kiwi bagian dalam dengan air bersih, lalu aku warnai dengan sap green di sepanjang tepinya. Yang ini juga sama, aku warnainnya per bagian biar kertas nggak keburu kering.



Setelah kering, aku membuat bentuk seperti segitiga dengan sisi yang menghadap ke kulit kiwi dihaluskan tepinya untuk membentuk transisi warna yang halus. Untuk lebih jelasnya kalian bisa menonton video step by stepnya. Aku membuat beberapa variasi warna, kadang sap green aja, kadang aku campur dengan burnt umber.


Setelah kering aku basahi lagi dengan air bersih. Dengan kuas nomor 2 aku membuat bentuk elips panjang menggunakan warna sap green campur sedikit hooker's green. Ini juga aku kerjakannya per bagian. lalu aku biarkan kering.


Kemudian aku basahi tepi kiwi lalu dengan kuas no 2 aku gambar garis sepanjang tepinya dengan warna sap green yang kental sedang. Hasilnya adalah garis yang jelas di sisi kulit tapi terlihat kabur di sisi daging kiwi.


Kemudian dengan kuas no 6 aku warnai bagian kulit kiwi dengan warna burnt sienna dan buat tekstur bulunya dengan kuas no 2.


Lalu aku warnai bagian background dengan warna payne's gray.


Karena warna itu relatif, warna lemon yellow yang aku taruh pertama kali sekarang jadi terlihat sangat pucat dibanding warna lainnya. Karena itu aku warnai lagi bagian dalam kiwi dengan warna lemon yellow yang cair. Aku juga lapis ulang warna hijau di daging buah di beberapa bagian agar lebih gelap.


Kemudian aku membuat biji kiwi seperti bentuk tetes air dengan warna payne's gray yang kental.


Setelah kering aku menambahkan kilau di beberapa biji kiwi dengan gel pen warna putih.



Disini aku menggunakan white gel pen untuk membuat efek kilau pada beberapa biji kiwi. Kalian bisa juga menggunakan gouache warna putih, tapi menurutku white gel pen paling gampang digunakan apalagi untuk melukis area yang sangat kecil seperti pada biji kiwi.


Tutorial melukis irisan buah kiwi dengan cat air bisa kalian tonton dengan lengkap disini :