5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Melukis

Diperbarui: 4 Nov 2021



Pada umumnya saat masih kecil kita suka menggambar, melukis atau mewarnai, tapi kebanyakan tidak berlanjut sampai dewasa. Bisa jadi karena kesibukan sekolah, atau alasan lain yang kita tidak tahu. Yang jelas, kami tahu lima alasan kenapa kamu harus mulai melukis lagi saat sudah dewasa.


Menumbuhkan kecerdasan emosi

Melepaskan emosi melalui karya seni dapat membantu kamu mengerti hal apa yang membuat suasana hatimu berubah. Melukis bermacam subyek membuatmu paham hal apa yang memancing perasaan sedih, marah, cinta dan lain-lain.


Melatih konsentrasi dan ketekunan

Membuat karya seni terkadang membutuhkan waktu yang lama. Dalam prosesnya kita akan dihadapkan pada bermacam tantangan dan kesalahan. Melewati itu semua dapat melatih konsentrasi dan ketekunan. Melukis subyek yang baru awalnya menimbulkan kekhawatiran, tapi jika dapat melaluinya kita akan merasakan kepuasan dan ingin mengulanginya lagi.


Mencegah dan mengobati depresi

Hasil penelitian menyebutkan bahwa kasus depresi menengah hingga berat mengalami perbaikan dengan terapi seni. Aktivitas seni seperti melukis membantu penderita mengekspresikan emosi mereka.


Menghilangkan stres

Saat melukis, kita akan fokus pada satu hal dan melupakan hal lain. Ini hampir sama dengan efek yang didapat saat kita bermeditasi. Melukis dapat merangsang otak melepaskan dopamine, hormon yang membuat kita merasa bahagia. Selain itu melukis dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan menginspirasi kita untuk mencoba melukis sesuatu yang tingkat kesulitannya lebih tinggi. Hasilnya adalah pemikiran yang positif pada lingkungan sekitar.


Mencegah kemunduran mental akibat penuaan

Hasil penelitian terbaru menyebutkan bahwa aktivitas seni lukis dapat mencegah penurunan daya ingat dan kemampuan kognitif yang biasanya menyertai penuaan. Manfaatnya terlihat pada kaum lanjut usia, namun lebih jelas terlihat pada kaum yang memulai kegiatan seni pada paruh baya, dan tetap melanjutkannya sampai usia lanjut.


Kalau kalian lebih suka nonton daripada baca, kalian bisa nonton video dibawah ini: