Material yang Direkomendasikan

Diperbarui: 14 Nov 2021



Alat dan bahan dalam melukis dengan cat air sangat berpengaruh pada pengalaman yang kita rasakan saat melukis. Kuas yang jabrik, cat yang berkapur dan kertas yang membuat warna sulit diblend membuat kita frustrasi bahkan bisa putus asa untuk melukis lagi. Sebaliknya material yang baik membuat pengalaman melukis terasa menyenangkan, dan membuat kita ingin melukis lebih sering. Berikut beberapa material yang direkomendasikan di Kreativa Watercolor.



CAT

Cat air adalah gabungan antara bubuk pigment dan bahan pengikat yang disebut gum arabic. Semakin banyak bahan pengikatnya, harga cat air bisa ditekan menjadi lebih murah tapi kemurnian pigmennya menjadi berkurang. Cat air yang paling banyak pigmennya biasanya ditandai dengan sebutan “artist/professional grade” pada merknya. Warna cat air professional grade sangat cerah dan dijamin tahan lama walaupun hasil lukisannya dipajang di dinding. Sebagian diantaranya adalah Winsor & Newton, Senelier, Daniel Smith dan Dr Ph Martin’s.

Jika harga cat air artist/professional grade dirasa terlalu mahal buat kamu yang baru mulai belajar, kamu bisa memakai cat air student grade yang harganya terjangkau tapi memiliki kualitas cukup baik. Merk-merk cat air student grade diantaranya Cotman, Koi dan Van Gogh. Sedangkan berdasar dari bentuknya, cat air ada yang berbentuk cair dalam botol, padat (pan paints) maupun yang berbentuk krim di dalam kemasan tube.



KERTAS

Untuk melukis dengan cat air kita memerlukan kertas khusus, bukan kertas buku gambar biasa. Kertas cat air dibuat sedemikian rupa untuk menahan banyak air. Dari bahannya, watercolor paper ada yang terbuat dari selulose atau kapas. Semakin banyak kandungan kapasnya, kertas semakin kuat menahan air dan pigmen lebih mudah dikendalikan.

Semakin banyak menggunakan air, kertas akan bergelombang. Karenanya jika ingin melukis subyek landscape sebaiknya menggunakan watercolor paper yang tebalnya diatas 300 gsm.

Sedangkan dilihat dari teksturnya, watercolor paper ada yang halus permukaannya (hot press), sedikit bertekstur (cold press) dan sangat kasar (rough). Kertas yang halus biasanya digunakan untuk melukis subyek yang membutuhkan banyak detil seperti ilustrasi botani. Sedangkan kertas yang sangat kasar biasanya digunakan untuk melukis dengan gaya yang ekspresif yang menonjolkan tekstur dari kertas dan sapuan kuas. Untuk pemula kami merekomendasikan kertas cold press dan bahan 100% kapas, berat 300 gsm.


KUAS

Buat kamu yang pemula, tidak perlu membeli terlalu banyak kuas. Kami merekomendasikan round brush karena serbaguna. Kuas lingkaran bisa dipakai melukis garis yang tebal maupun tipis asal ujungnya masih bagus dan lancip. Ukuran yang kami rekomendasikan adalah 0, 4 dan 6. Jika kamu punya budget lebih, kamu bisa menambah koleksi kuas kamu dengan round brush ukuran besar, flat brush maupun detail brush. Kuas cat air bisa terbuat dari bulu binatang atau bahan sintetis, dua-duanya berbeda karakternya. Kuas yang mahal tidak selalu lebih baik karena perbedaan karakter tersebut.



MATERIAL LAIN

Selain yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa material lain yang direkomendasikan saat melukis dengan cat air. Yang pertama adalah 2 gelas air untuk membilas kuas. Kenapa 2 gelas? Biar kamu ga harus bolak-balik ganti airnya. Kamu bisa pakai cara bilas kuas ke gelas 1, lalu ke gelas 2. Atau bedakan gelas 1 untuk warna hangat (kuning, merah) dan gelas 2 untuk warna dingin (biru, hijau), karena jika air bilasan kuasmu kotor lalu kamu pakai mengambil warna yang beda temperaturnya, warna yang dihasilkan di kertas bisa jadi muddy atau tidak cerah. Selain itu kamu harus menyiapkan lap untuk mengeringkan kuas. Alat lain yang tidak kalah penting yaitu alat-alat tulis seperti pensil, penghapus, kertas karbon (atau lightbox) dan selotip kertas.


Kalian juga bisa nonton video penjelasannya disini :