Teknik Dasar : Water Balance

Diperbarui: 27 Okt 2021

Jika kamu baru mulai belajar melukis dengan cat air, biasanya kamu kesulitan menentukan banyaknya air yang harus ditambahkan. Dengan cat air, kamu bisa mendapatkan tiga bahkan lebih shade yang berbeda. Dengan konsistensi cair, medium dan pekat kamu bisa menghasilkan warna di kertas yang transparan hingga opaque.


Pertama-tama siapkan cat airmu. Jika cat airmu berbentuk padat (pan paints) maka kamu harus membasahinya terlebih dulu. Jika cat airmu berbentuk tube, keluarkan sedikit di palet lalu tambahkan dengan beberapa tetes air. Kamu akan menggunakan satu warna saja. Basahi cat air hingga cukup pekat namun dapat bergerak bebas di palet (kuas harus dibasahi dulu).



LATIHAN

Buat suatu bentuk dengan cat yang sangat pekat tadi (misalnya kotak). Ini adalah shade yang pertama. Kemudian tambahkan sedikit air dan buat kotak lain. Warnanya akan menjadi lebih muda. Selanjutnya tambahkan sedikit air lagi dan lakukan hal yang sama terus-menerus sampai kamu mendapatkan warna yang mendekati warna putih. Lakukan dengan warna yang lain. Latihan ini akan membuatmu mengerti seberapa banyak air yang harus ditambahkan untuk mendapatkan shade tertentu. Semakin sering melukis, feelingmu akan semakin terasah.